Kamis, 08 Agustus 2013

0 Minum Susu Sebelum Olahraga Baik untuk Tulang

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen kalsium sebelum melakukan pekerjaan berat, seperti olahraga, membantu meminimalkan kehilangan kalsium. Seorang atlet yang berlatih secara intens bisa kehilangan banyak kalsium ketika mereka berkeringat. Hilangnya kalsium, secara perlahan akan mengikis kepadatan tulang.
“Dalam penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan tahunan, Endocrine Society melihat apakah mengkonsumsi suplemen kalsium pra atau pasca latihan akan membantu mengurangi hilangnya kalsium,” tulis situs Women’s Health Magazine, kemarin.

Mereka membagi 52 laki-laki pengendara sepeda menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengkonsumsi 1.000 mg kalsium bersama dengan 1.000 IU vitamin D (yang membantu tubuh menyerap kalsium) 30 menit sebelum latihan. Sementara kelompok lainnya mengkonsumsi kalsium dan vitamin D satu jam setelah pelatihan.

Hasilnya, penelitian yang dilakukan oleh Vanessa Sherk PhD bersama tim dari Universitas Colorado menunjukkan kedua kelompok mengalami penurunan kadar kalsium. Akan tetapi, pengendara sepeda yang mengkonsumsi suplemen sebelum pelatihan ternyata kehilangan kadar kalsium lebih sedikit.

"Ini penelitian yang sangat menarik. Kita semua sudah mengetahui, cukupnya kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang,” ujar Steven Hawkins, Ph.D., seorang profesor ilmu olahraga di Universitas California Lutheran, yang mendanai penelitian ini.

Tidak hanya dari suplemen, kalsium dan vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan. Ada baiknya, sebelum melakukan olahraga atau pekerjaan berat lainnya, seseorang harus mengkonsumsi kacang-kacangan, telur, keju, atau susu. Bagaimanapun juga, kalsium dan vitamin D dari makanan alami akan lebih mudah diserap dibandingkan dengan suplemen.Minum Susu Sebelum Olahraga Baik untuk Tulang
 

Tapak Suci SMA Muhammadiyah Wonosobo Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates